Sabtu, 21 Februari 2009

Sejarah PTK

Perguruan Tinggi Kedinasan adalah institusi pendidikan yang dikelola oleh pegawai negeri dan mendapatkan dana yang bersumber dari anggaran pemerintah (APBN) dengan output lulusan yang harus dapat memenuhi dunia kerja secara spesifik sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa (users) yaitu lembaga pemerintahan. Sebagai suatu institusi yang banyak memiliki kesamaan utamanya dalam bidang pengelolaan yang langsung dibawah institusi pemerintahan, perguruan tinggi kedinasan atau yang biasa disebut dengan PTK juga memiliki suatu wadah khusus untuk menjalin sinergisitas antar perguruan tinggi kedinasan dalam berbagai aspek. Wadah itu adalah Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) yang didirikan pada tahun 2004.

Pembentukan wadah ini akibat munculnya isu mengenai swastanisasi dan peleburan perguruan tinggi kedinasan (PTK) di bawah Departemen Pendidikan Nasional. Hal itu merupakan imbas dari diberlakukannya UU No. 20/2003 mengenai sistem pendidikan nasional (sisdiknas). Isu ini tentu saja meresahkan masyarakat, khususnya bagi segenap civitas
akademika PTK di Indonesia yang jumlahnya tidak kurang dari 84 PTK. Menyikapi hal tersebut segenap PTK di Indonesia bertemu dan memutuskan untuk mengadakan Kongres Mahasiswa Kedinasan di kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tanggal 1-2 Mei 2004, langkah ini dilakukan untuk mempertahankan eksistensi PTK dalam sisidiknas Indonesia. Dari 48 PTK , sejumlah 32 PTK dapat menghadiri kongres tersebut. Dalam kongres ini pulalah FMKI terbentuk sebagai wadah perjuangan penyelamatan PTK di Indonesia. Namun, setelah pertemuan itu tidak diketahui lagi eksistensi FMKI sebagai wadah berkumpulnya PTK-PTK. Barulah pada tahun 2008, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2008 bertempat di kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) sejumlah PTK berkumpul dan bertekad untuk menghidupkan FMKI kembali. Diharapkan dengan aktifnya kembali FMKI ini, kehadiran PTK di kancah dunia pendidikan dapat dikenal masyarakat secara luas. Salah satu program kerja FMKI yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar PTK adalah diselenggarakannya Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan II yang akan diselenggarakan di kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tanggal 14-15 dan 21-22 Februari 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stan Annual Festival

Stan Annual Festival